kecilkan semua  

Teks -- 1 Raja-raja 2:5-46 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:5 Dan lagi engkaupun mengetahui apa yang dilakukan kepadaku oleh Yoab, anak Zeruya, apa yang dilakukannya kepada kedua panglima Israel, yakni Abner bin Ner dan Amasa bin Yeter. Ia membunuh mereka dan menumpahkan darah dalam zaman damai seakan-akan ada perang, sehingga sabuk pinggangnya dan kasut kakinya berlumuran darah. 2:6 Maka bertindaklah dengan bijaksana dan janganlah biarkan yang ubanan itu turun dengan selamat ke dalam dunia orang mati. 2:7 Tetapi kepada anak-anak Barzilai, orang Gilead itu, haruslah kautunjukkan kemurahan hati. Biarlah mereka termasuk golongan yang mendapat makanan dari mejamu, sebab merekapun menunjukkan kesetiaannya dengan menyambut aku pada waktu aku melarikan diri dari depan kakakmu Absalom. 2:8 Juga masih ada padamu Simei bin Gera, orang Benyamin, dari Bahurim. Dialah yang mengutuki aku dengan kutuk yang kejam pada waktu aku pergi ke Mahanaim, tetapi kemudian ia datang menyongsong aku di sungai Yordan dan aku telah bersumpah kepadanya demi TUHAN: Takkan kubunuh engkau dengan pedang! 2:9 Sekarang janganlah bebaskan dia dari hukuman, sebab engkau seorang yang bijaksana dan tahu apa yang harus kaulakukan kepadanya untuk membuat yang ubanan itu turun dengan berdarah ke dalam dunia orang mati." 2:10 Kemudian Daud mendapat perhentian bersama-sama nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud. 2:11 Dan Daud memerintah orang Israel selama empat puluh tahun; di Hebron ia memerintah tujuh tahun, dan di Yerusalem ia memerintah tiga puluh tiga tahun. 2:12 Salomo duduk di atas takhta Daud, ayahnya, dan kerajaannya sangat kokoh.
Tindakan-tindakan Salomo untuk mengokohkan takhtanya
2:13 Pada suatu hari Adonia, anak Hagit, masuk menghadap Batsyeba, ibu Salomo, lalu perempuan itu berkata: "Apakah engkau datang dengan maksud damai?" Jawabnya: "Ya, damai!" 2:14 Kemudian katanya: "Ada sesuatu yang hendak kukatakan kepadamu." Jawab perempuan itu: "Katakanlah!" 2:15 Lalu katanya: "Engkau sendiri tahu bahwa akulah yang berhak atas kedudukan raja, dan bahwa seluruh Israel mengharapkan, supaya aku menjadi raja; tetapi sebaliknya kedudukan raja jatuh kepada adikku, sebab dari Tuhanlah ia mendapatnya. 2:16 Dan sekarang, satu permintaan saja kusampaikan kepadamu; janganlah tolak permintaanku." Jawab perempuan itu kepadanya: "Katakanlah!" 2:17 Maka katanya: "Bicarakanlah kiranya dengan raja Salomo, sebab ia tidak akan menolak permintaanmu, supaya Abisag, gadis Sunem itu, diberikannya kepadaku menjadi isteriku." 2:18 Jawab Batsyeba: "Baik, aku akan membicarakan hal itu untuk engkau dengan raja." 2:19 Batsyeba masuk menghadap raja Salomo untuk membicarakan hal itu untuk Adonia, lalu bangkitlah raja mendapatkannya serta tunduk menyembah kepadanya; kemudian duduklah ia di atas takhtanya dan ia menyuruh meletakkan kursi untuk bunda raja, lalu perempuan itu duduk di sebelah kanannya. 2:20 Berkatalah perempuan itu: "Suatu permintaan kecil saja yang kusampaikan kepadamu, janganlah tolak permintaanku." Jawab raja kepadanya: "Mintalah, ya ibu, sebab aku tidak akan menolak permintaanmu." 2:21 Kata perempuan itu: "Biarlah Abisag, gadis Sunem itu, diberikan kepada kakakmu Adonia menjadi isterinya." 2:22 Tetapi raja Salomo menjawab ibunya: "Mengapa engkau meminta hanya Abisag, gadis Sunem itu, untuk Adonia? Minta jugalah untuknya kedudukan raja! Bukankah dia saudaraku yang lebih tua, dan di pihaknya ada imam Abyatar dan Yoab, anak Zeruya?" 2:23 Lalu bersumpahlah raja Salomo demi TUHAN: "Beginilah kiranya Allah menghukum aku, bahkan lebih dari pada itu, jika Adonia tidak membayarkan nyawanya dengan permintaan ini! 2:24 Oleh sebab itu, demi TUHAN yang hidup, yang menegakkan aku dan mendudukkan aku di atas takhta Daud, ayahku, dan yang membuat bagiku suatu keluarga seperti yang dijanjikan-Nya: pada hari ini juga Adonia harus dibunuh." 2:25 Lalu raja Salomo menyerahkan hal itu kepada Benaya bin Yoyada; orang ini memancung dia sehingga mati. 2:26 Dan kepada imam Abyatar raja berkata: "Pergilah ke Anatot, ke tanah milikmu, sebab engkau patut dihukum mati, tetapi pada hari ini aku tidak akan membunuh engkau, oleh karena engkau telah mengangkat tabut Tuhan ALLAH di depan Daud, ayahku, dan oleh karena engkau telah turut menderita dalam segala sengsara yang diderita ayahku." 2:27 Lalu Salomo memecat Abyatar dari jabatannya sebagai imam TUHAN. Dengan demikian Salomo memenuhi firman TUHAN yang telah dikatakan-Nya di Silo mengenai keluarga Eli. 2:28 Ketika kabar itu sampai kepada Yoab -- memang Yoab telah memihak kepada Adonia, sekalipun ia tidak memihak kepada Absalom -- maka larilah Yoab ke kemah TUHAN, lalu memegang tanduk-tanduk mezbah. 2:29 Kemudian diberitahukanlah kepada Salomo, bahwa Yoab sudah lari ke kemah TUHAN, dan telah ada di samping mezbah. Lalu Salomo menyuruh Benaya bin Yoyada: "Pergilah, pancung dia." 2:30 Benaya masuk ke dalam kemah TUHAN serta berkata kepadanya: "Beginilah kata raja: Keluarlah." Jawabnya: "Tidak, sebab di sinilah aku mau mati." Lalu Benaya menyampaikan jawab itu kepada raja, katanya: "Beginilah kata Yoab dan beginilah jawabnya kepadaku." 2:31 Kata raja kepadanya: "Perbuatlah seperti yang dikatakannya; pancunglah dia dan kuburkanlah dia; dengan demikian engkau menjauhkan dari padaku dan dari pada kaumku noda darah yang ditumpahkan Yoab dengan tidak beralasan. 2:32 Dan TUHAN akan menanggungkan darahnya kepadanya sendiri, karena ia telah membunuh dua orang yang lebih benar dan lebih baik dari padanya. Ia membunuh mereka dengan pedang, dengan tidak diketahui ayahku Daud, yaitu Abner bin Ner, panglima Israel, dan Amasa bin Yeter, panglima Yehuda. 2:33 Demikianlah darah mereka akan ditanggungkan kepada Yoab dan keturunannya untuk selama-lamanya, tetapi Daud dan keturunannya dan keluarganya dan takhtanya akan mendapat selamat dari pada TUHAN sampai selama-lamanya." 2:34 Maka berangkatlah Benaya bin Yoyada, lalu memancung dan membunuh Yoab, kemudian dia dikuburkan di rumahnya sendiri di padang gurun. 2:35 Raja mengangkat Benaya bin Yoyada menggantikan Yoab menjadi kepala tentara; dan raja mengangkat imam Zadok menggantikan Abyatar. 2:36 Kemudian raja menyuruh memanggil Simei, dan berkata kepadanya: "Dirikanlah bagimu sebuah rumah di Yerusalem, diamlah di sana, dan janganlah keluar dari sana ke mana-manapun. 2:37 Sebab ketahuilah sungguh-sungguh, bahwa pada waktu engkau keluar dan menyeberangi sungai Kidron, pastilah engkau mati dibunuh dan darahmu akan ditanggungkan kepadamu sendiri." 2:38 Lalu berkatalah Simei kepada raja: "Baiklah demikian! Seperti yang tuanku raja katakan, demikianlah akan dilakukan hambamu ini." Lalu Simei diam di Yerusalem beberapa waktu lamanya. 2:39 Dan sesudah lewat tiga tahun, terjadilah bahwa dua orang hamba Simei lari kepada Akhis bin Maakha, raja Gat, lalu diberitahukan kepada Simei: "Ketahuilah, kedua orang hambamu ada di Gat." 2:40 Maka berkemaslah Simei, dipelanainya keledainya, dan pergilah ia ke Gat, kepada Akhis, untuk mencari hambanya itu. Lalu Simei pulang dan membawa mereka dari Gat. 2:41 Ketika diberitahukan kepada Salomo, bahwa tadinya Simei pergi dari Yerusalem ke Gat dan sekarang sudah pulang, 2:42 maka raja menyuruh memanggil Simei dan berkata kepadanya: "Bukankah aku telah menyuruh engkau bersumpah demi TUHAN dan telah memperingatkan engkau, begini: Ketahuilah sungguh-sungguh, bahwa pada waktu engkau keluar dan pergi ke mana-manapun, pastilah engkau mati dibunuh! Dan engkau telah menjawab: Baiklah demikian, aku akan mentaatinya. 2:43 Mengapa engkau tidak menepati sumpah demi TUHAN itu dan juga perintah yang kuperintahkan kepadamu?" 2:44 Kemudian kata raja kepada Simei: "Engkau sendiri tahu dalam hatimu segala kejahatan yang kauperbuat kepada Daud, ayahku, maka TUHAN telah menanggungkan kejahatanmu itu kepadamu sendiri. 2:45 Tetapi diberkatilah kiranya raja Salomo dan kokohlah takhta Daud di hadapan TUHAN sampai selama-lamanya." 2:46 Raja memberi perintah kepada Benaya bin Yoyada, lalu keluarlah Benaya, dipancungnya Simei sehingga mati. Demikianlah kerajaan itu kokoh di tangan Salomo.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abisag a woman; the Shunammite nurse who attended King David
 · Abner a man of Benjamin in Saul and David's time
 · Absalom the son of David and Maacah
 · Abyatar a son of Ahimelech; a high priest and counselor of David,son of Ahimelech (Ahitub I Ithamar Aaron); counselor of David
 · Adonia son of David and Haggith,a Levite whom King Jehoshaphat commissioned to teach the law,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · Akhis the king of Gath in David's time,the king of Gath in Solomon's time
 · Amasa son of David's sister Abigail and Jether the Ishmaelite,prince of Ephraim under Ahaz
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak Ner a man of Benjamin; father of Kish, the father of King Saul
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak perempuan Syua daughter of Shua the Canaanite; wife of Judah,daughter of Ammiel/Eliam; the wife David took from Uriah
 · Anatot a town of Benjamin 10 km NE of Jerusalem, given to the priests,son of Becher, a Benjamite,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · Bahurim a town of Benjamin 4-5 km NE of Jerusalem (SMM, OS)
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Gilead member(s) of the clan, or residents of the region of Gilead
 · Barzilai a man of Gilead from Rogelim who gave supplies to David,father-in-law of Merab, Saul's daughter; a Meholathite;,head of a clan of returnees lacking proof of being priests
 · Batsyua daughter of Shua the Canaanite; wife of Judah,daughter of Ammiel/Eliam; the wife David took from Uriah
 · Benanya son of Jehoiada; commander of King Solomon's army,son of Jehoiada of Pirathon in Ephraim; one of David's elite,head of a large influential family of Simeon in Hezekiah's time,a Levite worship leader in David's time,a priest in David's time,father of Jehoiada, one of king David's counselors,son of Jeiel; a priest under Jehoshaphat,a man who was a temple helper in the time of Hezekiah,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife,a layman of the Pahath-Moab clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a layman of the Nebo clan who put away his heathen wife,the father of Pelatiah, a wicked counselor exposed by Ezekiel
 · Benaya son of Jehoiada; commander of King Solomon's army,son of Jehoiada of Pirathon in Ephraim; one of David's elite,head of a large influential family of Simeon in Hezekiah's time,a Levite worship leader in David's time,a priest in David's time,father of Jehoiada, one of king David's counselors,son of Jeiel; a priest under Jehoshaphat,a man who was a temple helper in the time of Hezekiah,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife,a layman of the Pahath-Moab clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a layman of the Nebo clan who put away his heathen wife,the father of Pelatiah, a wicked counselor exposed by Ezekiel
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · dunia maut the place of the dead
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Eli
 · gadis Sunem a resident of the town of Shunem
 · Gat a town of the Anakim and Philistines in Judah 12 km south. of Ekron
 · Gera son of Ehud the judge son of Gera I son Bela son of Benjamin.
 · Hagit wife of David; mother of Adonijah
 · Hebron a valley and town of Judah 25 km west of the dead sea,son of Kohath son of Levi,son of Mareshah of Judah
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel


Topik/Tema Kamus: Salomo | Abyatar | Raja-raja, Kitab-kitab | Batsyeba | Adonia | Elia | Hukuman | Yoab | Imam Agung atau Imam Besar | Abisag | Mezbah | Daud | Elisa | Adonai | Kebijaksanaan, Kitab | Dendam | Simei | Raja | Sambutan Perpisahan | Janda | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Raj 2:5 - YANG DILAKUKANNYA (YOAB) KEPADA KEDUA PANGLIMA ISRAEL. Nas : 1Raj 2:5 Daud memerintahkan Salomo untuk memulai masa pemerintahannya dengan menjatuhkan hukuman yang setimpal kepada Yoab yang layak menerim...

Nas : 1Raj 2:5

Daud memerintahkan Salomo untuk memulai masa pemerintahannya dengan menjatuhkan hukuman yang setimpal kepada Yoab yang layak menerima hukuman mati karena membunuh Abner dan Amasa (2Sam 3:27; 20:9-10; bd. Mat 26:52).

Full Life: 1Raj 2:9 - TURUN DENGAN BERDARAH KE DALAM DUNIA ORANG MATI. Nas : 1Raj 2:9 Betapa sedihnya bahwa pengarahan terakhir yang diberikan Daud kepada Salomo ialah untuk melakukan suatu kejahatan yang ia sendiri te...

Nas : 1Raj 2:9

Betapa sedihnya bahwa pengarahan terakhir yang diberikan Daud kepada Salomo ialah untuk melakukan suatu kejahatan yang ia sendiri telah bersumpah untuk tidak melakukannya (bd. ayat 1Raj 2:8); dengan demikian Daud melanggar sumpahnya dengan Simei (lih. 2Sam 19:23). Kekerasan yang tanpa ampun ini tidak dapat dibenarkan sebagai sesuatu yang menyenangkan dan tak bercacat di hadapan Allah, namun juga tidak bisa dihakimi menurut standar-standar PB saja (Kis 17:30).

Full Life: 1Raj 2:27 - MEMENUHI FIRMAN TUHAN YANG TELAH DIKATAKAN-NYA. Nas : 1Raj 2:27 Hampir 120 tahun sebelum peristiwa ini, seorang hamba Allah telah menyampaikan nubuat kepada imam besar Eli mengenai hukuman Allah ...

Nas : 1Raj 2:27

Hampir 120 tahun sebelum peristiwa ini, seorang hamba Allah telah menyampaikan nubuat kepada imam besar Eli mengenai hukuman Allah atas rumahnya (bd. 1Sam 2:27-36). Sebagian dari nubuat ini segera digenapi (1Sam 4:10-22); bagian yang lain meliputi jangka waktu yang panjang. Pemecatan Abyatar dari kedudukannya sebagai imam menjadi bagian dari penggenapan firman Allah kepada Eli. Allah tidak pernah lupa; Ia senantiasa menjaga supaya firman-Nya digenapi (Yer 1:12), sekalipun penggenapan tersebut memerlukan waktu yang lama, bahkan berabad-abad. Firman Allah akan digenapi dengan sempurna.

BIS: 1Raj 2:5 - -- Dalam beberapa terjemahan kuno tertulis: akulah ... akulah yang menderita; dalam naskah Ibrani tertulis ialah ... ialah yang menderita.

Dalam beberapa terjemahan kuno tertulis: akulah ... akulah yang menderita; dalam naskah Ibrani tertulis ialah ... ialah yang menderita.

BIS: 1Raj 2:28 - ujung-ujung mezbah ujung-ujung mezbah: Lihat 1Ra 1:50.

ujung-ujung mezbah: Lihat 1Ra 1:50.

Jerusalem: 1Raj 1:1--2:46 - -- Bab 1-2 ini melanjutkan kisah yang tercantum dalam 2Sa 13-20.

Bab 1-2 ini melanjutkan kisah yang tercantum dalam 2Sa 13-20.

Jerusalem: 1Raj 2:1-9 - -- "Wasiat" Daud ini menugaskan Salomo untuk melaksanakan balas dendam pribadi ayahnya. Ini sesuai dengan pikiran di zaman itu mengenai "penuntut darah" ...

"Wasiat" Daud ini menugaskan Salomo untuk melaksanakan balas dendam pribadi ayahnya. Ini sesuai dengan pikiran di zaman itu mengenai "penuntut darah" dan mengenai kutuk yang sendiri berdaya, 1Ra 2:8. 1Ra 2:3-4 berupa sisipan yang berhaluan tradisi Ulangan.

Jerusalem: 1Raj 2:5 - sehingga sabuk pinggangnya.... Naskah Ibrani agak rusak. maksudnya ialah: Tindakan-tindakan agak rusak. Maksudnya ialah: Tindakan-tindakan Yoab yang kotor itu mencemarkan kehormatan...

Naskah Ibrani agak rusak. maksudnya ialah: Tindakan-tindakan agak rusak. Maksudnya ialah: Tindakan-tindakan Yoab yang kotor itu mencemarkan kehormatan Daud sebagai tentara. Boleh jadi orang menganggap Daud sendiri sebagai dalang tindakan-tindakan itu, 2Sa 16:7. Maka raja serta keturunannya wajib membalas darah yang tidak bersalah, yang tertumpah. Pembalasan itu harus mengenai orang yang sesungguhnya bersalah.

Jerusalem: 1Raj 2:6 - dunia orang mati Bdk Bil 16:33+.

Bdk Bil 16:33+.

Jerusalem: 1Raj 2:8 - dengan pedang Kutuk yang diucapkan Simei terus mengancam keturunan Daud. Sebab kutuk (sama seperti berkat) tetap berdaya. Hendak membatalkannya, kutuk itu harus dik...

Kutuk yang diucapkan Simei terus mengancam keturunan Daud. Sebab kutuk (sama seperti berkat) tetap berdaya. Hendak membatalkannya, kutuk itu harus dikembalikan kepada yang mengucapkannya, 1Ra 2:44-45. Daud sendiri terhalang oleh sumpah yang diangkatnya. Tetapi Salomo dapat menimpakan kutuk itu kepada Simei.

Jerusalem: 1Raj 2:10 - kota Daud Bdk 2Sa 5:9+.

Bdk 2Sa 5:9+.

Jerusalem: 1Raj 2:15 - akulah yang berhak Yaitu sebagai anak sulung

Yaitu sebagai anak sulung

Jerusalem: 1Raj 2:15 - dari TUHANlah Bdk Kej 4:5+.

Bdk Kej 4:5+.

Jerusalem: 1Raj 2:22 - Minta.... kedudukan raja Memiliki seorang isteri raja yang mangkat atau diturunkan memberi orang hak untuk menggantinya sebagai raja, 2Sa 3:7; 16:22

Memiliki seorang isteri raja yang mangkat atau diturunkan memberi orang hak untuk menggantinya sebagai raja, 2Sa 3:7; 16:22

Jerusalem: 1Raj 2:22 - di pihaknya ada.... Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: di pihaknya dan di pihak imam Abyatar dan Yoab....

Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: di pihaknya dan di pihak imam Abyatar dan Yoab....

Jerusalem: 1Raj 2:23 - Beginilah kiranya.... Bdk Rut 1:17+.

Bdk Rut 1:17+.

Jerusalem: 1Raj 2:26 - Anatot Ini sebuah kota orang Lewi yang terletak dekat Yerusalem.

Ini sebuah kota orang Lewi yang terletak dekat Yerusalem.

Jerusalem: 1Raj 2:28 - tanduk-tanduk mezbah Bdk Kel 27:2+.

Bdk Kel 27:2+.

Jerusalem: 1Raj 2:29 - Lalu Salomo menyuruh.... Rupanya sebagian dari ayat hilang dari naskah Ibrani. Dalam Salomo menyuruh katakan kepada Yoab: "Siapa gerangan mengatakan kepadamu untuk melarikan d...

Rupanya sebagian dari ayat hilang dari naskah Ibrani. Dalam Salomo menyuruh katakan kepada Yoab: "Siapa gerangan mengatakan kepadamu untuk melarikan diri kepada mezbah itu?" Jawab Yoab: "Aku takut kepadamu dan karenanya aku melarikan diri kepada TUHAN". Maka Salomo menyuruh Benaya bin Yoyada: "Pergilah, pancung dia".

Jerusalem: 1Raj 2:30 - di sinilah aku mau mati Benaya mau mengetrapkan pada Yoab hukum yang ditetapkan Kel 21:14, yang memang kena juga. Tetapi Yoab bermaksud memaksa Salomo mencemarkan tempat kudu...

Benaya mau mengetrapkan pada Yoab hukum yang ditetapkan Kel 21:14, yang memang kena juga. Tetapi Yoab bermaksud memaksa Salomo mencemarkan tempat kudus dan begitu memburukkan namanya.

Jerusalem: 1Raj 2:31 - noda darah Bdk 1Ra 2:5+.

Bdk 1Ra 2:5+.

Jerusalem: 1Raj 2:36-46 - -- Salomo membebankan pada Simei tahanan kota di Yerusalem, yang pelanggarannya akan dihukum dengan kematian. Ia juga menyuruh Simei mengangkat sumpah. O...

Salomo membebankan pada Simei tahanan kota di Yerusalem, yang pelanggarannya akan dihukum dengan kematian. Ia juga menyuruh Simei mengangkat sumpah. Oleh karena Simei melanggar sumpahnya itu, ia dihukum mati "secara adil". Tetapi dalam 1Ra 2:44 Salomo menyingkapkan alasan sebenarnya mengapa Simei dibunuh, yaitu kutuk yang pernah diucapkannya melawan Daud.

Jerusalem: 1Raj 2:45 - diberkatilah kiranya Sama seperti dalam 1Ra 2:33, demikianpun sekarang Salomo segera mengucapkan sebuah berkat, supaya kutuk yang baru diucapkannya jangan menimpa dirinya.

Sama seperti dalam 1Ra 2:33, demikianpun sekarang Salomo segera mengucapkan sebuah berkat, supaya kutuk yang baru diucapkannya jangan menimpa dirinya.

Ende: 1Raj 2:5 - waktu damai menumpahkan darah tempur Terdjemahan ini tidak pasti, tetapi maknanja adalah tjukup terang. Pembunuhan, jang dibuat Joab, sebelum dilunasi oleh Dawud sendiri, sebagaimana ditu...

Terdjemahan ini tidak pasti, tetapi maknanja adalah tjukup terang.

Pembunuhan, jang dibuat Joab, sebelum dilunasi oleh Dawud sendiri, sebagaimana dituntut oleh hukum kisas itu, supaja wangsanja sendiri djangan ditimpa oleh bentjana, karena kelalaian kisas.

Ende: 1Raj 2:8 - -- Kutuk Sjime'i itu masih terus berlaku dan membebani wangsa Dawud. Karena itu harus dipulihkan. Bila Sjime'i nanti (1Ra 2:36-46) melanggar sumpahnja, m...

Kutuk Sjime'i itu masih terus berlaku dan membebani wangsa Dawud. Karena itu harus dipulihkan. Bila Sjime'i nanti (1Ra 2:36-46) melanggar sumpahnja, maka kutuknja dapat dibatalkan oleh Sulaiman dengan mengenakannja pada Sjime'i sendiri.

Ende: 1Raj 2:22 - -- Mengapa Adonia dengan meminta Abisjag, jang dianggap sebagai isteri Dawud, sebenarnja djuga mau merebut kekuasaan lihat keterangan 2Sa 3:8.

Mengapa Adonia dengan meminta Abisjag, jang dianggap sebagai isteri Dawud, sebenarnja djuga mau merebut kekuasaan lihat keterangan 2Sa 3:8.

Ende: 1Raj 2:23 - -- Rumus sumpah itu adalah suatu kutuk, jang diutjapkan orang jang bersumpah. Bila ia tidak menepatinja, maka ia boleh ditimpa bentjana2 jang diutjapkann...

Rumus sumpah itu adalah suatu kutuk, jang diutjapkan orang jang bersumpah. Bila ia tidak menepatinja, maka ia boleh ditimpa bentjana2 jang diutjapkannja dalam sumpahnja. Dalam rumus tertulis bentjana2 itu ditinggalkan (itu...... ini......).

Ende: 1Raj 2:28 - -- Lihat keterangan 1Ra 1:50.

Lihat keterangan 1Ra 1:50.

Ende: 1Raj 2:31 - -- Hak suaka dalam keadaan ini tidak mewadjibkan lagi menurut Kel 21:14. Sulaiman berseru pada hukum kisas (1Ra 2:46).

Hak suaka dalam keadaan ini tidak mewadjibkan lagi menurut Kel 21:14. Sulaiman berseru pada hukum kisas (1Ra 2:46).

Ende: 1Raj 2:34 - dirumahnja ialah dalam rumahnja.

ialah dalam rumahnja.

Ende: 1Raj 2:45 - -- Sulaiman mengutjapkan berkah ini untuk mengimbangi kutuk Sjime'i dahulu, sehingga dibatalkan.

Sulaiman mengutjapkan berkah ini untuk mengimbangi kutuk Sjime'i dahulu, sehingga dibatalkan.

Endetn: 1Raj 2:9 - Tetapi diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc.). Tertulis: "sekarang".

diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc.). Tertulis: "sekarang".

Endetn: 1Raj 2:22 - -- Dua kali ditinggalkan "dan bagi". Tertulis: "(minta baginja dan bagi imam Ebjatar dan bagi Joab". Kami menuruti terdjemahan2 kuno.

Dua kali ditinggalkan "dan bagi". Tertulis: "(minta baginja dan bagi imam Ebjatar dan bagi Joab". Kami menuruti terdjemahan2 kuno.

Endetn: 1Raj 2:26 - -- Ditinggalkan "Tuhan", menurut terdjemahan Junani dan Syriah.

Ditinggalkan "Tuhan", menurut terdjemahan Junani dan Syriah.

Endetn: 1Raj 2:44 - -- Ditinggalkan "jang diketahui (suara) hatimu", menurut terdjemahan Junani dan 2Ta 1:12.

Ditinggalkan "jang diketahui (suara) hatimu", menurut terdjemahan Junani dan 2Ta 1:12.

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:5 - oleh Yoab // yakni Abner // dan Amasa · oleh Yoab: 2Sam 2:18; 2Sam 2:18 · yakni Abner: 1Sam 14:50; 1Sam 14:50; 2Sam 3:27; 2Sam 3:27 · dan Amasa: 2Sam 17:25; 2Sam 17:25...

· oleh Yoab: 2Sam 2:18; [Lihat FULL. 2Sam 2:18]

· yakni Abner: 1Sam 14:50; [Lihat FULL. 1Sam 14:50]; 2Sam 3:27; [Lihat FULL. 2Sam 3:27]

· dan Amasa: 2Sam 17:25; [Lihat FULL. 2Sam 17:25]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:6 - dengan bijaksana · dengan bijaksana: 1Raj 2:9

· dengan bijaksana: 1Raj 2:9

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:7 - anak-anak Barzilai // kautunjukkan kemurahan // dari mejamu · anak-anak Barzilai: 2Sam 17:27; 2Sam 17:27; 2Sam 19:31-39 · kautunjukkan kemurahan: Kej 40:14; Kej 40:14 · dari mejamu: 2Sam 9...

· anak-anak Barzilai: 2Sam 17:27; [Lihat FULL. 2Sam 17:27]; 2Sam 19:31-39

· kautunjukkan kemurahan: Kej 40:14; [Lihat FULL. Kej 40:14]

· dari mejamu: 2Sam 9:7; [Lihat FULL. 2Sam 9:7]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:8 - padamu Simei // ke Mahanaim // telah bersumpah · padamu Simei: 1Raj 2:36-46; 2Sam 16:5-13 · ke Mahanaim: Kej 32:2; Kej 32:2 · telah bersumpah: 2Sam 19:18-23

· padamu Simei: 1Raj 2:36-46; 2Sam 16:5-13

· ke Mahanaim: Kej 32:2; [Lihat FULL. Kej 32:2]

· telah bersumpah: 2Sam 19:18-23

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:9 - yang bijaksana · yang bijaksana: 1Raj 2:6

· yang bijaksana: 1Raj 2:6

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:10 - ia dikuburkan // kota Daud · ia dikuburkan: Kis 2:29 · kota Daud: 2Sam 5:7; 2Sam 5:7

· ia dikuburkan: Kis 2:29

· kota Daud: 2Sam 5:7; [Lihat FULL. 2Sam 5:7]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:11 - Daud memerintah · Daud memerintah: 2Sam 5:4,5; 2Sam 5:4; 2Sam 5:5

· Daud memerintah: 2Sam 5:4,5; [Lihat FULL. 2Sam 5:4]; [Lihat FULL. 2Sam 5:5]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:12 - atas takhta // sangat kokoh · atas takhta: 1Taw 17:14; 29:23; 2Taw 9:8 · sangat kokoh: 1Raj 2:46; 2Taw 1:1; 12:13; 17:1; 21:4

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:13 - hari Adonia // maksud damai · hari Adonia: 2Sam 3:4; 2Sam 3:4 · maksud damai: 1Sam 16:4; 1Sam 16:4

· hari Adonia: 2Sam 3:4; [Lihat FULL. 2Sam 3:4]

· maksud damai: 1Sam 16:4; [Lihat FULL. 1Sam 16:4]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:17 - supaya Abisag · supaya Abisag: 1Raj 1:3; 1Raj 1:3

· supaya Abisag: 1Raj 1:3; [Lihat FULL. 1Raj 1:3]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:19 - untuk bunda // sebelah kanannya · untuk bunda: 1Raj 15:13; 2Raj 10:13; 24:15; 2Taw 15:16; Yer 13:18; 22:26; 29:2 · sebelah kanannya: Mazm 45:10

· untuk bunda: 1Raj 15:13; 2Raj 10:13; 24:15; 2Taw 15:16; Yer 13:18; 22:26; 29:2

· sebelah kanannya: Mazm 45:10

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:21 - Biarlah Abisag · Biarlah Abisag: 1Raj 1:3

· Biarlah Abisag: 1Raj 1:3

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:22 - hanya Abisag // dia saudaraku // imam Abyatar · hanya Abisag: Kej 22:24; Kej 22:24; 1Raj 1:3; 1Raj 1:3 · dia saudaraku: 1Taw 3:2 · imam Abyatar: 1Sam 22:20; 1Sam 22:20

· hanya Abisag: Kej 22:24; [Lihat FULL. Kej 22:24]; 1Raj 1:3; [Lihat FULL. 1Raj 1:3]

· dia saudaraku: 1Taw 3:2

· imam Abyatar: 1Sam 22:20; [Lihat FULL. 1Sam 22:20]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:23 - bahkan lebih · bahkan lebih: Rut 1:17; Rut 1:17

· bahkan lebih: Rut 1:17; [Lihat FULL. Rut 1:17]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:24 - yang dijanjikan-Nya · yang dijanjikan-Nya: 2Sam 7:11

· yang dijanjikan-Nya: 2Sam 7:11

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:25 - kepada Benaya // sehingga mati · kepada Benaya: 2Sam 8:18; 2Sam 8:18 · sehingga mati: 2Sam 12:10; 2Sam 12:10

· kepada Benaya: 2Sam 8:18; [Lihat FULL. 2Sam 8:18]

· sehingga mati: 2Sam 12:10; [Lihat FULL. 2Sam 12:10]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:26 - imam Abyatar // ke Anatot // mengangkat tabut // yang diderita · imam Abyatar: 1Sam 22:20; 1Sam 22:20 · ke Anatot: Yos 21:18; Yos 21:18 · mengangkat tabut: 2Sam 15:24; 2Sam 15:24 · yang...

· imam Abyatar: 1Sam 22:20; [Lihat FULL. 1Sam 22:20]

· ke Anatot: Yos 21:18; [Lihat FULL. Yos 21:18]

· mengangkat tabut: 2Sam 15:24; [Lihat FULL. 2Sam 15:24]

· yang diderita: 2Sam 15:14; [Lihat FULL. 2Sam 15:14]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:27 - Salomo memenuhi · Salomo memenuhi: 1Sam 2:27-36; 1Sam 2:27 s/d 36

· Salomo memenuhi: 1Sam 2:27-36; [Lihat FULL. 1Sam 2:27] s/d 36

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:28 - memegang tanduk-tanduk · memegang tanduk-tanduk: Kel 27:2; Kel 27:2

· memegang tanduk-tanduk: Kel 27:2; [Lihat FULL. Kel 27:2]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:29 - samping mezbah // menyuruh Benaya · samping mezbah: Kel 21:14 · menyuruh Benaya: 1Raj 2:25

· samping mezbah: Kel 21:14

· menyuruh Benaya: 1Raj 2:25

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:30 - dalam kemah // raja: Keluarlah · dalam kemah: 2Raj 11:15 · raja: Keluarlah: Kel 21:14

· dalam kemah: 2Raj 11:15

· raja: Keluarlah: Kel 21:14

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:31 - noda darah · noda darah: Ul 19:13; Ul 19:13

· noda darah: Ul 19:13; [Lihat FULL. Ul 19:13]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:32 - akan menanggungkan // darahnya // lebih baik // dan Amasa · akan menanggungkan: Hak 9:57 · darahnya: Kej 4:14; Kej 4:14; Hak 9:24; Hak 9:24 · lebih baik: 2Taw 21:13 · dan Amasa: 2S...

· akan menanggungkan: Hak 9:57

· darahnya: Kej 4:14; [Lihat FULL. Kej 4:14]; Hak 9:24; [Lihat FULL. Hak 9:24]

· lebih baik: 2Taw 21:13

· dan Amasa: 2Sam 17:25; [Lihat FULL. 2Sam 17:25]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:34 - berangkatlah Benaya // membunuh Yoab · berangkatlah Benaya: 1Raj 2:25 · membunuh Yoab: 2Sam 2:18; 2Sam 2:18

· berangkatlah Benaya: 1Raj 2:25

· membunuh Yoab: 2Sam 2:18; [Lihat FULL. 2Sam 2:18]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:35 - mengangkat Benaya // imam Zadok · mengangkat Benaya: 2Sam 8:18; 2Sam 8:18 · imam Zadok: 1Sam 2:35; 1Sam 2:35

· mengangkat Benaya: 2Sam 8:18; [Lihat FULL. 2Sam 8:18]

· imam Zadok: 1Sam 2:35; [Lihat FULL. 1Sam 2:35]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:36 - memanggil Simei · memanggil Simei: 2Sam 16:5; 2Sam 16:5

· memanggil Simei: 2Sam 16:5; [Lihat FULL. 2Sam 16:5]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:37 - sungai Kidron // ditanggungkan kepadamu · sungai Kidron: 2Sam 15:23; 2Sam 15:23; Yoh 18:1 · ditanggungkan kepadamu: Im 20:9; Im 20:9

· sungai Kidron: 2Sam 15:23; [Lihat FULL. 2Sam 15:23]; Yoh 18:1

· ditanggungkan kepadamu: Im 20:9; [Lihat FULL. Im 20:9]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:39 - kepada Akhis · kepada Akhis: 1Sam 27:2

· kepada Akhis: 1Sam 27:2

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:42 - telah memperingatkan · telah memperingatkan: 2Sam 19:23; 2Sam 19:23

· telah memperingatkan: 2Sam 19:23; [Lihat FULL. 2Sam 19:23]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:44 - segala kejahatan · segala kejahatan: 2Sam 16:5-13

· segala kejahatan: 2Sam 16:5-13

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:45 - dan kokohlah · dan kokohlah: 2Sam 7:13; 2Sam 7:13

· dan kokohlah: 2Sam 7:13; [Lihat FULL. 2Sam 7:13]

Ref. Silang FULL: 1Raj 2:46 - kepada Benaya // dipancungnya Simei // itu kokoh · kepada Benaya: 2Sam 8:18; 2Sam 8:18 · dipancungnya Simei: 1Raj 2:8; 1Raj 2:8 · itu kokoh: 1Raj 2:12; 1Raj 2:12

· kepada Benaya: 2Sam 8:18; [Lihat FULL. 2Sam 8:18]

· dipancungnya Simei: 1Raj 2:8; [Lihat FULL. 1Raj 2:8]

· itu kokoh: 1Raj 2:12; [Lihat FULL. 1Raj 2:12]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Raj 2:1-11 - Pesan Daud Sebelum Mati; Kematian dan Penguburan Daud Dalam pasal ini kita mendapati Daud tenggelam sedangkan Salomo naik pada saat bersamaan. I. Akhir dari pemerintahan Daud dan juga hid...

Matthew Henry: 1Raj 2:12-25 - Permintaan Adonia yang Lancang; Adonia Dihukum Mati Permintaan Adonia yang Lancang; Adonia Dihukum Mati (2:12-25) Dalam perikop ini diceritakan, I. Salomo naik takhta (ay. 12). Ia sampai ke at...

Matthew Henry: 1Raj 2:26-34 - Yoab Dihukum Mati Yoab Dihukum Mati (2:26-34) Baik Abyatar maupun Yoab sama-sama menjadi kaki tangan dalam usaha pemberontakan Adonia, dan kemungkinan berada di bali...

Matthew Henry: 1Raj 2:35-46 - Hukuman bagi Simei Hukuman bagi Simei (2:35-46) Dalam perikop ini kita mendapati, I. Kenaikan pangkat Benaya dan Zadok, dua sahabat setia bagi Salomo dan pemer...

SH: 1Raj 2:1-12 - Mental, firman, dan tidak setengah-setengah (Rabu, 26 Januari 2000) Mental, firman, dan tidak setengah-setengah Dalam masyarakat Indonesia, program asuransi mulai menjamur. Salah satu program asuransi yang paling...

SH: 1Raj 2:1-12 - Belajar dari kegagalan (Minggu, 25 Juli 2004) Belajar dari kegagalan Nasihat Daud kepada Salomo sungguh baik. Daud tidak menggurui Salomo bagaimana menjadi raja. Daud memberi dorongan kepada...

SH: 1Raj 2:1-12 - Supaya jadi pemimpin bijak (Rabu, 24 Juni 2015) Supaya jadi pemimpin bijak Pesan terakhir dari seseorang yang akan segera meninggal dunia biasanya sangat penting. Pesan itu bisa keluar dari hasil r...

SH: 1Raj 2:1-12 - Wasiat Daud (Jumat, 12 Februari 2021) Wasiat Daud Pesan seseorang sebelum meninggal atau wasiat sering merupakan hal yang sangat penting. Bisa jadi wasiat itu merupakan pedoman hidup atau...

SH: 1Raj 2:13-27 - Singkirkan perasaan, emosi, dan rasa sungkan (Kamis, 27 Januari 2000) Singkirkan perasaan, emosi, dan rasa sungkan Keterlibatan orang yang kita kasihi atau orang yang pernah berjasa dan mempunyai kedudukan penting ...

SH: 1Raj 2:13-46 - Ancaman dari dalam (Senin, 26 Juli 2004) Ancaman dari dalam Ancaman roboh bagi sebuah rumah tidak hanya dari faktor luar, seperti bencana alam. Ancaman yang tidak kalah bahayanya adalah...

SH: 1Raj 2:13-46 - Bertindak adil dan sesuai hukum (Kamis, 25 Juni 2015) Bertindak adil dan sesuai hukum Ketika terjadi pergantian pemimpin di suatu institusi, pemimpin baru bisa saja melakukan pembersihan atas pejabat-pej...

SH: 1Raj 2:13-46 - Menjalankan Wasiat Orang Tua (Sabtu, 13 Februari 2021) Menjalankan Wasiat Orang Tua Tentulah tak mudah bagi Salomo untuk menjalankan nasihat orang tuanya. Meski raja, dia tak begitu saja bisa membunuh Yoa...

SH: 1Raj 2:28-46 - Melek hukum, syarat utama untuk tegas (Jumat, 28 Januari 2000) Melek hukum, syarat utama untuk tegas Di samping faktor perasaan, emosi, dan rasa sungkan, ada satu faktor penting lainnya yang seringkali membu...

Topik Teologia: 1Raj 2:10 - -- Eskatologi Kematian Fakta Kematian Contoh-contoh Fakta Kematian Daud 1Ra 2:10-11 1Ta 29:26-28

Topik Teologia: 1Raj 2:19 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Raja-raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang 1 dan 2 Raja-R...

Full Life: 1 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Masa Pemerintahan Salomo (1Raj 1:1-11:43) A. Salomo Menggantikan Daud Sebagai Raja (1...

Matthew Henry: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Begitu banyak sejarah terkandung di dalam Kitab Raja-raja dan pemerintahan mereka, yang mengisahkan secara singkat segenap perkara yang terjadi di ...

Ende: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

BIS: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) I RAJA-RAJA PENGANTAR Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam

I RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam buku ini dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo menjadi raja atas Israel dan Yehuda menggantikan Daud.
  2. (2) Pemerintahan Salomo dan hasil-hasil usahanya, khususnya dalam membangun Rumah TUHAN di Yerusalem.
  3. (3) Bangsa Israel terpecah menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan, dan sejarah raja-raja yang memerintah kedua kerajaan tersebut sampai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi.

Di dalam kedua buku Raja-raja, setiap raja dinilai berdasarkan kesetiaannya kepada Tuhan; dan keberhasilan bangsa adalah akibat dari kesetiaan tersebut. Sebaliknya, penyembahan berhala dan ketidaktaatan mengakibatkan bencana. Berdasarkan penilaian tersebut raja-raja kerajaan utara semuanya gagal, sedangkan raja Yehuda ada yang gagal, ada pula yang tidak.

Yang penting dalam I Raja-raja ialah nabi-nabi Tuhan. Mereka adalah juru bicara Allah yang berani-berani. Mereka memperingatkan raja dan bangsa Israel supaya tidak menyembah berhala dan tidak meremehkan perintah-perintah Allah. Yang menonjol ialah Elia, dan kisah tentang pertarungannya dengan imam-imam Baal (pasal 18 1Raj 18:1-15).

Isi

  1.  Akhir pemerintahan Daud
    1Raj 1:1-2:12
  2.  Salomo menjadi raja
    1Raj 2:13-46
  3.  Pemerintahan Salomo
    1Raj 3:1-11:43
    1. a. Tahun-tahun permulaan
      1Raj 3:1-4:34
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      1Raj 5:1-8:66
    3. c. Tahun-tahun terakhir
      1Raj 9:1-11:43
  4.  Kerajaan yang terpecah
    1Raj 12:1-22:53
    1. a. Pemberontakan suku-suku utara
      1Raj 12:1-14:20
    2. b. Raja-raja Yehuda dan Israel
      1Raj 14:21-16:34
    3. c. Nabi Elia
      1Raj 17:1-19:21
    4. d. Ahab, raja Israel
      1Raj 20:1-22:40
    5. e. Yosafat raja Yehuda dan Ahazia raja Israel
      1Raj 22:41-53

Ajaran: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah berg

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah bergantung pada kesetiaannya terhadap janji Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab I dan II Raja-raja tidak jelas disebutkan dalam Kitab ini, tetapi banyak ahli mengatakan bahwa penulisnya adalah Yeremia (nabi).

Isi Kitab: Isi kedua Kitab ini sesuai dengan namanya, menceritakan tentang kehidupan raja-raja Israel.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I dan II Raja-raja

  1. Pasal 1-11 (1Raj 1:1-11:43).

    Pemerintahan Raja Salomo

    Dalam bagian ini dijelaskan, Salomo naik takhta dan memerintah. Ia menuruti pesan Daud, yaitu bertindak seperti seorang laki-laki dan tetap berhubungan dengan Tuhan. Salomo diberi hikmat oleh Tuhan karena sikapnya yang beribadah terhadap Tuhan dan menetapkan pemerintahannya yang bersifat damai dan sejahtera. Salomo juga membangun rumah Tuhan dan istana serta mentahbiskan rumah Tuhan sehingga ia diberkati secara luar biasa, yaitu kepandaian, kemasyhuran dan kekayaan yang bertambah-tambah. Tetapi Salomo terpengaruh oleh istri-istrinya dan ia menyembah berhala sehingga Tuhan marah kepadanya dan menghancurkan kerajaan itu, akhir pasal 11; 1Raj 11:41-43menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 1:32-40.
    2. Bacalah pasal 1Raj 2:1-4. Apakah nasehat-nasehat Raja Daud yang jug bermanfaat bagi saudara?
    3. Bacalah pasal 1Raj 3:3-9. Apakah yang sering saudara minta dalam doa?
    4. Bacalah pasal 1Raj 7:1,51. Tempat apa sajakah yang dibangun Salomo?
    5. Bacalah pasal 1Raj 11:1-13, 41-43. Apakah yang terjadi dengan Salomo pada akhir hidupnya Da mengapa demikian?
  2. Pasal I Raja-raja 12 sampai II Raja-raja 17 (1Raj 12:1-2Raj 17:29).

    Kerajaan yang terpecah Setelah Salomo meninggal, kerajaan Israel terpecah lagi, dan mulai diperintah oleh raja-raja yang memerintah secara jahat, oleh karena itu selalu mengalami kekacauan dan menerima hukuman dari Tuhan. Tetapi karena cinta kasih Tuhan maka manusia selalu diberi peringatan melalui nabi-nabi supaya bertobat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 12:1-11. Kelompok dibawah pimpinan siapakah yang datang menghada Rehabeam? Dan apakah permintaannya? Apakah usah Rehabeam untuk menjawab permintaan Jerobeam?
    2. Bacalah pasal 1Raj 12:12-20. Nasihat siapakah yang diikuti oleh raja Rehabeam? Dan apakah akibatnya? (kerajaan terpecah menjadi dua 2Raj 12:20).
    3. Bacalah 2Raj 2:1-14. Siapakah dua orang nabi besar yang melayani di Israel? Apakah nabi Elia mati?
    4. Bacalah pasal 2Raj 17:7-23. Ini adalah kehancuran kerajaan Israel. Mengapa terjadi hal itu?
    5. Bacalah pasal 2Raj 24:18-25:7. Ini adalah kehancuran kerajaan Yehuda. Mengapakah terjadi hal ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Dalam keadaan jaman yang sesat, Allah selalu memberi jalan kepada umat- Nya untuk bertobat.

  2. Apabila kejahatan terjadi secara luar biasa maka Allah juga memperlihatkan keadilan-Nya dengan hukuman yang luar biasa.

  3. Allah selalu memberkati orang-orang atau bangsa yang takut akan Dia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Sebutkan apakah yang diminta raja Salomo didalam doanya!
  2. Siapakah yang mendirikan bait Allah yang pertama?
  3. Siapakah nama nabi yang bertempur melawan nabi-nabi Baal?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar Kitab I dan II Raja-raja ini?

Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kerajaan Israel bersatu dan terpecah ISI KITABI Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritaka

Kerajaan Israel bersatu dan terpecah

ISI KITAB
I Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritakan mengenai kehidupan bangsa Israel selama empat abad sesudah kematian Daud dan pembuangan bangsa Israel ke Babel. Kitab itu menceritakan bagaimana suatu negara yang kuat dan bersatu terpecah menjadi dua; bagaimana kerajaan utara yang lebih besar yang terus menerus berpaling dari Allah akhirnya dimusnahkan; bagaimana Yehuda juga gagal untuk memelihara perjanjian dengan Allah dan bagaimana negeri itu juga dilanda bencana, yang mencapai puncaknya pada penghancuran Yerusalem dan pembuangan besar-besaran ke Babel. I Raja-raja merangkum 120 tahun pertama dari kisah yang lengkap.

SIAPA PENULISNYA?
Kitab ini mungkin ditulis oleh seorang nabi atau sejumlah nabi yang menulis di Babel selama masa pembuangan, sekitar tahun 550 SM. Bahan tulisan diambil dari berbagai sumber, seperti catatan resmi pemerintah atau kumpulan kisah-kisah tentang para nabi yang kemudian disatukan sedemikian rupa untuk memberikan tekanan pada pokok-pokok yang ingin diungkapkan oleh si penulis.

TUJUAN PENULISAN
Dalam I dan II Raja-raja penulis tidak ingin mencoba untuk memberikan suatu kisah yang lengkap dari seluruh peristiwa yang terjadi pada masa itu. Ia menceritakan dengan panjang lebar mengenai peristiwa dan tokoh-tokoh yang dianggapnya penting seperti Salomo atau Elia, tetapi tokoh lainnya hanya diceritakan secara sepintas. Raja-raja hanya menulis mengenai pentingnya peristiwa yang terjadi dalam hubungannya dengan perkembangan kehidupan rohani manusia.

PANDANGAN PENULIS
Masalah yang ditunjukkan oleh penulis ialah betapa pentingnya bagi umat Allah untuk menjaga perjanjian mereka dengan-Nya. Manusia dan bangsa-bangsa keduanya dinilai sampai seberapa jauh mereka mencari dan mengikuti kehendak Allah. Jika mereka mengasihi Allah dan patuh pada perintah-perintah-Nya, maka Allah akan memberkati mereka; jika mereka berpaling dari-Nya, maka bencara akan menimpa mereka. Dalam banyak hal sikap seorang raja dianggap sebagai gambaran dari sikap bangsa itu secara keseluruhan; dalam satu segi seorang raja merupakan wakil dari rakyatnya.

METODE PENULISAN
Kisah mengenai kedua bangsa Israel dan Yehuda mudah diikuti jika kita tahu metode penulisan yang dipakai. Kita selalu diberi kisah baru mengenai setiap negeri secara berurutan. Sebagai contoh, gambaran peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seorang raja Israel diikuti oleh kisah raja-raja Yehuda yang naik takhta selama pemerintahannya dan seterusnya.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Rehabeam mencoba untuk tidak mengikutsertakan Allah, dan itu tidak mungkin terjadi. Sebenarnya penghakiman Allahlah yang menyebabkan ia kehilangan sepuluh suku dan bukan disebabkan oleh pemberontakan rakyatnya. Bahkan, sebelum Salomo mangkat Yerobeam telah diangkat oleh Allah untuk memerintah Israel. 1Ra 11:26-12:24
o Ahab telah menyaksikan suatu peragaan kekuasaan Allah pada waktu nabi-nabi Baal dikalahkan di Gunung Karmel. Walaupun demikian, dalam perang Siria, Ahab mencoba untuk menghindari kehendak Allah dengan jalan menyamar; tetapi ia mati seperti apa yang dikatakan Allah. 1Ra 18:1-46; 22:5-40

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Salomo kaya raya, bijaksana dan berkuasa, selama bertahun-tahun ia mengasihi dan melayani Allah, tetapi itu tidak berarti ia dapat berlaku sewenang-wenang. Pada waktu ia berdosa, Allah juga menghukumnya seperti kepada orang lain. 1Ra 3:1-11:43
o Omri adalah seorang raja yang sangat berhasil. Ia memberi Israel sebuah ibukota yang baru dan menempatkan Israel pada peta perdagangan, tetapi Kitab Raja-raja memberikan komentar bahwa ia juga berdosa terhadap Allah. 1Ra 16:15-28

3. Allah dapat dipercaya
o Tuhan memberikan sebuah kerajaan kepada Yerobeam, tetapi ia tidak percaya bahwa Allah dapat menghentikan pelarian bangsanya kembali ke Yehuda. Sebaliknya, ia melanggar perintah Allah dengan membangun sebuah patung emas. Ia mendapati bahwa Allah selalu memenuhi janji-janji-Nya, yaitu memberkati dan menghukum! 1Ra 12:25-14:20
o Apabila Tuhan memberikan suatu tugas, Dia juga akan menyediakan sarana untuk melaksanakannya. Tuhan mencukupi kebutuhan Elia sepanjang musim kering dan menunjukkan kepadanya bagaimana caranya untuk mengalahkan penyembahan kepada Baal. 1Ra 17:1-18:46

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
o Tidak taat kepada Tuhan dan menerima hukuman-Nya tidak selalu berarti bahwa kita tidak lagi dapat melayani Dia. Bangsa Yehuda menyadari hal ini setelah kerajaan itu terpecah. Tuhan telah menghukum mereka, tetapi Dia masih tetap Allah mereka dan masih berbicara kepada mereka. 1Ra 12:1-24
o Tidak satu pun dari ketujuh raja Israel pertama yang melayani Tuhan, tetapi Allah masih belum berputus asa terhadap bangsa itu. Dia masih menginginkan penyembahan mereka, dan di atas Gunung Karmel kembali Allah menunjukkan kepada mereka suatu peragaan kuasa-Nya yang besar. 1Ra 18:1-46

Penerapan

I Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba Tuhan
Elia menunjukkan kepada kita ciri-ciri seorang hamba Tuhan yang baik:
o Ia mendengarkan perkataan Allah (1Ra 17:1,2,8).
o Ia menantikan waktu Tuhan yang tepat (1Ra 18:1).
o Ia bertindak dengan berani (1Ra 18:7-40).
o Ia berbicara dengan jelas (1Ra 18:21).
o Ia mempunyai kepercayaan penuh terhadap Allah (1Ra 18:30-38).
o Ia sangat patuh kepada perintah Allah (1Ra 18:36).
o Ia gigih (1Ra 18:41-45).

2. Pelayanan Tuhan
o Tuhan tidak selalu memakai alat-alat bantu yang kita inginkan -- Ia memilih seorang janda untuk menolong Elia (1Ra 17:8-16).
o Membantu hamba Tuhan merupakan suatu pelayanan kepada-Nya dan Tuhan menganugerahi pelayanan (1Ra 17:17-24; 18:3-15).
o Tuhan memulihkan hamba-hamba-Nya pada waktu mereka terjatuh (1Ra 19:4-8).
o Satu tugas terselesaikan tidak berarti akan menghadapi hari depan yang sia-sia (1Ra 19:14-18).

3. Rumah Allah
o Dibangun berdasarkan janji Allah. (1Ra 8:15-21).
o Tempat untuk beribadah (1Ra 8:22-26).
o Tidak dapat membatasi Allah (1Ra 8:27).
o Tempat untuk berdoa (1Ra 8:28-40).
o Harus terbuka bagi semua orang dari berbagai negeri (1Ra 8:41-43).

Tema-tema Kunci

1. Kedaulatan Allah
Tema ini bergema dalam keseluruhan isi kitab yang menceritakan bagaimana Allah terlibat dalam sejarah umat manusia. Bacalah 1Ra 8:14-61; 19:9-18; 20:1-30. Apa yang diceritakan oleh pasal-pasal ini mengenai Allah dan kedaulatannya?

2. Kebenaran
Allah mengharapkan umat-Nya taat dan setia. Setelah negeri itu terpecah, I Raja-raja menggambarkan mengenai pemerintahan delapan raja Israel dan empat raja Yehuda. Buatlah daftar raja-raja ini. Berapa orang dari mereka yang melayani Tuhan? Berdasarkan atas apa penulis kitab Raja-raja membuat penilaian terhadap mereka?

3. Kelemahan
o I Raja-raja tidak pernah mencoba untuk memberikan kepada kita gambaran yang sempurna mengenai hamba-hamba Allah. Kita melihat keburukan maupun kebaikan mereka dan Allah menerima serta memakai mereka seperti apa adanya.
Pelajari 1Ra 1:1-3:1; 11:1-13; 19:1-21. Kelemahan apa saja yang dapat Anda temukan dalam diri Daud, Salomo dan Elia?
o Bacalah kisah Raja Ahab dalam 1Ra 18:1-22:40. Dalam 1Ra 21:27-29 kita membaca bahwa ia bertobat, dan oleh sebab itulah maka Allah memperingan hukuman terhadapnya. Menurut Anda mengapa I Raja-raja menggambarkan Raja Ahab sebagai orang jahat dan bukan hanya sebagai orang lemah?

Garis Besar Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11 1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua 1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo 1Ra 2:1-9Pesan-pesan Dau

[1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11

1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua
1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo
1Ra 2:1-9Pesan-pesan Daud terakhir
1Ra 2:10-11Wafatnya seorang raja yang besar

[2] SALOMO: TAHUN-TAHUN PENUH KEMASYHURAN 1Ra 2:12-10:29

1Ra 2:12-46Pemerintahan raja Salomo terbentuk
1Ra 3:1Persekutuan dengan Mesir melalui perkawinan
1Ra 3:2-28Allah menganugerahkan kebijakan dan kekayaan
1Ra 4:1-28Pembenahan perekonomian
1Ra 4:29-34Salomo si penyair
1Ra 5:1-7:51Rencana pembangunan yang megah
1Ra 8:1-66Peresmian Rumah Tuhan
1Ra 9:1-9Janji dan peringatan Tuhan
1Ra 9:10-28Hubungan dengan luar negeri dan masalah tenaga kerja
1Ra 10:1-13Kunjungan kenegaraan Ratu negeri Syeba
1Ra 10:14-29Kekayaan Raja Salomo

[3] PERTENTANGAN, PEMBERONTAKAN, PERPECAHAN 1Ra 11:1-12:24

1Ra 11:1-8Perzinahan dan imoralitas Salomo
1Ra 11:9-13Penghakiman Allah dinyatakan
1Ra 11:14-25Musuh dari luar yaitu Edom
1Ra 11:26-40Ancaman dari Yerobeam
1Ra 11:41-43Kematian Salomo
1Ra 12:1-15Yerobeam menolak untuk berunding
1Ra 12:16-24Bangsa Israel menyatakan kemerdekaannya

[4] DUA NEGERI BARU -- DUA PERMULAAN YANG BURUK 1Ra 12:25-15:24

1Ra 12:25-33Yerobeam membangun mezbahnya sendiri
1Ra 13:1-34Ia mendapat peringatan keras
1Ra 14:1-20Kematian Yerobeam dan putranya
1Ra 14:21-31Pemerintahan Rehabeam yang keji atas Yehuda
1Ra 15:1-8Abiam -- sama seperti ayahnya
1Ra 15:9-24Asa mengembalikan Yehuda pada jalan yang benar

[5] ISRAEL -- SEBUAH NEGARA BERKEMBANG 1Ra 15:25-16:34

1Ra 15:25-31Garis keturunan Yerobeam berakhir pada Nadab
1Ra 15:32-16:7Baesa membawa bangsa Israel ke dalam dosa
1Ra 16:8-14Pemerintahan Ela berakhir dengan adanya kudeta Zimri
1Ra 16:15-28Pemerintahan Omri -- makmur tetapi jahat
1Ra 16:29-34Memperkenalkan Ahab dan Izebel

[6] ELIA -- SEORANG HAMBA ALLAH 1Ra 17:1-19:21

1Ra 17:1-24Musim kering: Elia diselamatkan
1Ra 18:1-16Obaja mengatur pertemuan
1Ra 18:17-40Duel antara Elia dan nabi-nabi Baal
1Ra 18:41-46Berakhirnya musim kering
1Ra 19:1-18Bagaimana Allah menghadapi hambanya yang tertekan
1Ra 19:19-21Elia bergabung dengan Elisa

[7] AHAB -- SEORANG PENGUASA YANG LEMAH DAN SERAKAH 1Ra 20:1-21:29

1Ra 20:1-34Allah memberi kemenangan kepada Ahab
1Ra 20:35-43Seorang nabi memperingatkan Ahab
1Ra 21:1-26Ahab menipu Nabot
1Ra 21:27-29Ahab bertobat

[8] PEPERANGAN DENGAN SIRIA BERKELANJUTAN 1Ra 22:1-53

1Ra 22:1-4Ahab meminta bantuan Yehuda
1Ra 22:5-28Nabi-nabi asli dan palsu saling bertentangan
1Ra 22:29-36Mereka pergi berperang
1Ra 22:37-40Ahab terbunuh
1Ra 22:41-50Yosafat -- raja Yehuda yang baik
1Ra 22:51-53Ahazia -- raja Israel yang jahat
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.47 detik
dipersembahkan oleh YLSA